BNKP Tangerang – Web

Asal Usul Natal

Posted on: Desember 24, 2008

Natal (natus – Latin) adalah peringatan kelahiran Yesus di Betlehem. Sejak abad ke-4, peringatan kelahiran Yesus dirayakan pada 25 Desember untuk menggeser pesta tentang “kelahiran dewa matahari” di Eropa. Pergeseran ini sejalan dengan perkembangan umat Kristiani di Eropa. Dewa matahari dipuja di Eropa karena sejak tanggal itu, hari-hari di Eropa menjadi lebih panjang karena sinar matahari yang lebih lama.

Beberapa Gereja Timur merayakan Natal pada 6 Januari. Natal yang diperingati baik tanggal 25 Desember atau 6 Januari bukan hari ulang tahun Yesus. Secara historis, tidak dapat dipastikan apakah Yesus dilahirkan pada 25 Desember.

 Gereja memperingati Natal pada 25 Desember sebagai perayaan keagamaan dalam kalendarium liturginya. Pesannya, Allah lahir sebagai manusia. Yang mulia menanggalkan kemuliaanNya karena kecintaanNya pada manusia.. Misteri inkarnasi ini digambarkan dikandang hewan, di antara para gembala domba yang sederhana. (DARI BERBAGAI SUMBER/INU)

 

Ref. Kompas, Rabu 24 Desember 2008 | IKON

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


  • solusi2013: ibadah raya minggu biasanya mulai jam berapa? saya ingin datang by zega
  • Yusniar laia: untuk saudara yg mengenal ESTER APRIL YANI LAIA anak dr Tani'aro laia(Alm) dan sitina nduru tolong melakukan konfirmasi kepada keluarga kandung ester
  • Vikar Yunison Hulu, S.Th: Salom bapak/i, sdr/i di BNKP Tangerang, Saya Vikar Yunison Hulu, vikar ke-2 BNKP, sekarang saya melayani di Resort 54 BNKP, Batam yang dibimbing ol

Kategori

%d blogger menyukai ini: