BNKP Tangerang – Web

Asal Usul Kartu Natal

Posted on: Desember 29, 2008

Kartu Natal – yang sempat menjadi ikon paling diburu pada bulan Desember – sejarahnya berawal dari 165 tahun silam, yakni tahun 1843, ketika John Callcott Horsley Cole melukis sebuah kartu bergambar satu keluarga dengan anak kecil yang sedang minum anggur. Atas perintah Sir Henry Cole, kartu natal itu dicetak secara komersial untuk pertama kalinya di London, Inggris. Seribu lembar kartu cetakan pertama seharga 1 shilling itu laris manis. Bukan gambar bertema keagamaan atau suasana musim dingin, tetapi bunga dan peri yang justru lebih sering dilukis di kartu natal generasi awal. 

Pengiriman kartu natal pun lalu menjadi salah tradisi popular menjelang natal. Tradisi yang berawal dari Inggris ini menyebar ke seluruh dunia. Goa natal, bintang, pohon cemara, dan suasana musim dingin dengan gumpalan salju merupakan tema-tema lukisan yang sering dilukis di kartu natal.

Namun, menjelang tahun 2000, kepopuleran kartu natal tergeser dengan maraknya pengiriman ucapan lewat jaringan internet dan telepon seluler (sms dan mms). (DARI BERBAGAI SUMBER/CAS)

Ref. Kompas, Minggu 28 Desember 2008 | halaman 2 | IKON

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


  • solusi2013: ibadah raya minggu biasanya mulai jam berapa? saya ingin datang by zega
  • Yusniar laia: untuk saudara yg mengenal ESTER APRIL YANI LAIA anak dr Tani'aro laia(Alm) dan sitina nduru tolong melakukan konfirmasi kepada keluarga kandung ester
  • Vikar Yunison Hulu, S.Th: Salom bapak/i, sdr/i di BNKP Tangerang, Saya Vikar Yunison Hulu, vikar ke-2 BNKP, sekarang saya melayani di Resort 54 BNKP, Batam yang dibimbing ol

Kategori

%d blogger menyukai ini: