BNKP Tangerang – Web

Asal Usul Santa Klaus

Posted on: Desember 29, 2008

Santa Klaus adalah salah satu dari tradisi yang hidup dan berkembang bersamaan dengan tradisi natal. Santo Nicholas dari Myra adalah inspirasi awal untuk Santa Klaus. Santo Nicholas adalah Uskup Myra, Provinsi Bizantine Anatolia (sekarang Turki). Meskipun Santa Klaus merupakan gambaran uskup Gereja Katolik, namun Kepausan di Vatikan, Italia, tidak yakin dengan kebenaran sejarah terkait cerita Santa Klaus karena lebih banyak dongeng dan khayalannya.

Tahun 1970, Vatikan menghapus Santa Klaus (Santo Nicholas) dari daftar orang suci. Paus Paulus VI lantas memerintahkan potongan tubuh (relikui) Santa Klaus ke Gereja Saint Nicholas, New York.

Di luar kontroversi sejarah itu, Santa Klaus adalah gambaran kedermawanan. Santa Klaus selalu digambarkan sebagai seorang bertubuh besar berpakaian merah dengan jenggot putihnya dan memberikan hadiah kepada anak-anak di hari natal. Gambaran itu mulai popular di Amerika Serikat pada abad ke-19 karena pengaruh kuat kartunis politik Thomas Nast. Kedermawanan ini secara jeli kemudian dilekatkan dengan konsumerisme yang mendahului natal.   (DARI BERBAGAI SUMBER/INU)

Ref. Kompas, Sabtu 27 Desember 2008 | halaman 2 | IKON

 

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


  • Tidak ada
  • solusi2013: ibadah raya minggu biasanya mulai jam berapa? saya ingin datang by zega
  • Yusniar laia: untuk saudara yg mengenal ESTER APRIL YANI LAIA anak dr Tani'aro laia(Alm) dan sitina nduru tolong melakukan konfirmasi kepada keluarga kandung ester
  • Vikar Yunison Hulu, S.Th: Salom bapak/i, sdr/i di BNKP Tangerang, Saya Vikar Yunison Hulu, vikar ke-2 BNKP, sekarang saya melayani di Resort 54 BNKP, Batam yang dibimbing ol

Kategori

%d blogger menyukai ini: